FEP experience as the new Binusian 2020

Oke guys sebelum memulai blog ini saya ingin memperkenalkan diri, nama gw Aditya Putra Budiman sang Binusian 2020 jurusan Teknik Informatika. Alasan gw untuk membuat blog ini karena untuk melengkapi tugas AO di Binus University. Tanpa panjang lebar akan gw ceritakan pengalaman FEP gw sebagai maba Binus.

Bagi yang belum tau FEP itu apa, FEP merupakan kependekan dari Freshment Enrichment Program, kalau bahasa umumnya sih seperti ospek kampus. FEP ini kemudian dibagi lagi menjadi 3 tahapan, yaitu GO(General orientation), AO(Academic Orientation), dan CLO(Class Life Orientation).

                        General Orientation

Tahap pertama FEP yang gw alami disebut GO. Gw mengkuti masa GO selama 6 hari mulai dari tanggal 1 Agustus sampai 6 Agustus 2016. Kebetulan gw mengikuti GO di gelombang kedua sehingga gw masuk di kelompok BBN01 yang merupakan kelompok maba yang mengikuti FEP di gelombang kedua. Di Binus GO dibagi menjadi 5 gelombang karena terlalu banyak maba yang masuk Binus. Karena masih ada sisa 3 gelombang yg belum FEP, setelah GO selesai gw ada libur tambahan selama 4 minggu :v .

Selama 6 hari masa GO, gw berkenalan dengan seluruh teman sekelas gw beserta Kakak BCnya. Kakak BC lah yang selama 6 hari GO ini membimbing dan menemani kita. Disini Kakak BCnya keren” dan kece sehingga ngementorin kita jg enak. Selain menemani GO, Kakak” BC inilah yang juga akan membimbing kita CLO selama 1 semester. Selama 6 hari tersebut kita dijelaskan seluruh dasar dan info Binus University mulai dari Mars Binus, Mars Binusian, peraturan” di Binus, UKM, Bimay, dan masih banyak lagi.
Hari terakhir GO diakhiri dengan Expo dimana kita dapat mendaftar ke UKM yang kita mau.

Inaugurasi

Setelah puas dengan libur tambahan selama 4 minggu, tanggal 30 Agustus lalu, gw dan temen” satu angkatan mengikuti acara pelantikan maba yang disebut Inaugurasi, yaitu acara pelantikan maba baru Binus. Lokasi acara berada di gedung JCC, kebetulan saya mengikuti acara Inaugurasi di shift pertama dari jam 8 hingga jam 11 siang. Acara Inaugurasi ini dibagi menjadi 2 gelombang karena gedung JCC tidak mampu menampung seluruh maba Binus. Dalam acara tersebut selain pelantikan maba, juga ditampilkan performance dari Kakak” senior dari berbagai UKM dan juga penampilan single maba Binus.

HTTP

Pada tanggal 9 September 2016, saya beserta seluruh maba Binus jurusan School of Computer Science mengikuti acara HTTP. Acara HTTP sendiri merupakan acara khusus mahasiswa jurusan SoCS yang tidak dapat diikuti mahasiswa jurusan lainnya. Acara ini hanya dapat diikuti sekali seumur hidup. Untuk kelanjutan cerita HTTP akan gw post detailnya di kemudian hari.

Academic Orientation

Lanjutlah gw ke tahap 2 FEP, yaitu AO. Selama AO kita bisa dibilang seperti sudah melaksanakan kuliah yang sesungguhnya. AO gw jalani selama 2 minggu dari tanggal 5 September – 17 September 2016. Selama AO kita juga sudah mulai belajar hal” dasar seperti pengenalan Pseudo Code, Flowchart, Algoritma, bahkan cara membuat presentasi yang baik dan membuat Mind Set.

Organizational Skill

Organizational Skill adalah kemampuan berorganisasi yang diharapkan Binus bagi seluruh mahasiswanya. Dalam hal ini kita dilatih agar tidak hanya ahli di hardskill saja, namun juga ahli dalam hal softskill.
Karena saya jurusan TI di Binus, maka secara otomatis saya telah menjadi anggota HimTI atau yang lebih dikenal dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika. Selain menjadi anggota HimTI, saya juga mendaftar 2 ukm yg berbeda, yaitu Cyber Security Club dan juga Nippon Club. Untuk CSC, pada tahun ini saya mencoba untuk mendaftarkan diri sebagai calon aktivis dan pengurus CSC untuk meningkatkan softskill dan pengalaman berorganisasi.

Oke sekian isi blog saya pada kali ini,

Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *